Langsung ke konten utama

New Post

Yoga bersama Laskar Pencerah: Membuat Cakrawala Masa Depan Remaja Desa Tosari Lebih Cerah dan Luas

"Remaja yang sehat merupakan investasi masa depan bangsa. Generasi muda memiliki peranan penting untuk melanjutkan estafet pembangunan dan perkembangan bangsa" tutur Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin dalam puncak peringatan Hari Gizi Nasional ke-61. Alangkah mengesankan bila ada remaja yang peduli dengan kesehatan remaja lainnya. Tak semua remaja cenderung memikirkan diri sendiri saja. Tak selamanya stigma bahwa remaja itu cenderung egois dan apatis, itu realistis. Bila kita mengenal seorang remaja asli suku Tengger yang satu ini. Adalah Yoga Andhika, remaja tegap, sawo matang ini, mampu merangkul teman-teman sebaya di desanya untuk bersama mencari solusi atas permasalahan remaja di desanya. Laskar Pencerah: Pemuda Harapan Tosari Dinginnya suhu di Desa Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, tak membekukan langkah Yoga dan teman-temannya berkumpul dan berkegiatan. Bersama bergerak dan menjadi solusi atas permasalahan remaja di desanya. Harapannya cakrawala masa depan remaja des

Spirit Fanny Ngeblogging

Spirit a girl to blogging


Dear Readers,

Menambah pandangan dari kaca pengalaman orang lain, juga bisa menambah sudut pandang kita, lho. Setuju ya? Spirit Fanny Ngeblogging menjadi suntikan energi untukku juga dalam ngeblogging. Itu lah maksud dari task 4B Blogspedia Coaching #5. Berbinar hati ini bisa mengenal lebih dekat dengan Rahilla Fanny, partner bermainku di sesi 4B. Selama coaching ini, sebatas melihat 'text' dan 'sedikit suaranya'. Maka, kesempatan ini ku gunakan untuk menggali tentangnya lebih dalam. 

Alasan Fanny Ngeblogging

1. Passionate di bidang literasi

Perempuan asal Aceh ini suka menulis dan segala hal yang terkait literasi. So do I am! Fanny-begitu sapaanya-memilih blog sebagai ruang untuk latihan menulis. Karena blog itu mudah, juga murah. Harapannya kemampuan menulisnya akan meningkat bila sering dilatih di halaman blog. Menyambung juga dengan passionnya yang ingin berkarir di bidang literasi/kepenulisan. Sebelumnya juga pernah mengerjakan beberapa job terkait kepenulisan. Maksud Fanny membuat blog sebagai sarana untuk membangun personal branding, as a content writer. Semoga job-job semakin kerap berdatangan ya kak:)

2. Mengabadikan memori kehidupan

Kenangan-kenangan sepanjang kehidupan tentu sangat berharga. Pastinya ingin diabadikan lewat potret dan atau tulisan. Blog bisa menjadi salah satu kanal untuk menorehkan jejak kenangan dan kisah dibaliknya. Gadis belia ini merasa sayang rasanya bila kenangan terlewat begitu saja, Penting sekali menceritakannya dalam tulisan agar memori kehidupan tidak hilang. Terabadikan lewat tulisan. Blog dipilihnya sebagai pengikat memori kehidupan.

merancang blog impian


Rancangan Blog Impian Fanny

Selaras dengan wishlist Fanny, sejak awal 2024 punya impian untuk memiliki blog. Sang Maha Besar memang Maha Mengeahui, di tengah 2024, Fanny terpapar informasi tentang pembukaan peserta baru Blogspedia Coaching #5. Tanpa ragu, Fanny mendaftar dan diterima sebagai peserta coaching tersebut. 

1. Latar belakang nama blog

Gayung bersambut. Materi demi materi menuntun Fanny dalam membuat blog baru, benar-benar baru! Yey....blog perdana launching di awal Juli 2024! Pemilihan nama blog tidak jauh dari jati dirinya.  Nama tersebut mengandung unsur nama kedua orang yang Fanny cintai. Yakni, YuHa, singkatan dari nama Ayah dan Ibu. Dilengkapi dengan kata 'informasi' maka jadilah YuHa  Informasi sebagai nama blognya. Besar harapannya blog miliknya menjadi gudang informasi bagi banyak orang. 

2. Topik-topik blog yang dipilih

Travelling, food & drink, book review adalah 3 kategori yang akan banyak ditulis oleh Fanny. Lebih karena Fanny dan atau banyak orang suka jalan-jalan dan jajan, ya kan?! Maka, topik travelling, food & drink akan selalu dihunting banyak orang. 

Ada beberapa strategi agar kita terdorong untuk gemar membaca. Fanny sengaja create kategori book review supaya terdorong untuk rajin membaca buku dan merampungkannya. Selanjutnya bisa segera diulas dan dituliskan dalam konten blognya. Semoga berhasil dengan strateginya ya Fan! Jangan lupa, perlu juga menggemari kegiatan membaca itu sendiri. Agar terhindar dari si emosi bernama bosan, haha...

Guru bahasa Inggris ini juga punya impian, suatu saat nanti bisa buat blog lain yang berbahasa Inggris. Demikian, English skill-nya bisa diterapkan, ilmunya ingin dibagikan. Akibatnya, skill Fanny akan semakin terasah, baik itu terkait blogging juga English skill-nya. Go go girl!

Resep Fanny meramu konten artikel 

Sebagai peminat literasi, membaca beragam tulisan/artikel dan buku, serta menyimak video-video edukasi adalah kegiatan yang kerap Fanny kerjakan. Sumber referensi tersebut juga menjadi bahan materi artikel yang ditulisnya. Terkadang ide atau inspirasi juga sering terpantik dari sana, Pengalaman jalan-jalan dan jajannya tentu jadi gagasan nyata buatnya:) Tentu mudah dan menyenangkan menceritakan pengalaman asyik itu ya Fan:)

Membaca dan menyimak materi tentang konten yang disampaikan oleh coach Marita Ningtyas, memberi cukup banyak masukan bagi Fanny. Agar bisa lebih peka memperhatikan segala hal di sekitar kita dan menangkap gagasan-gagasan yang terserak. 

Blogging memang hal yang baru bagi Fanny. Tapi menulis adalah hal yang kerap dikerjakannya. Aturan blogging yang ada perbedaan dengan artikel pada umumnya kerap menjadi tantangan Fanny. 

Beberapa tips agar artikel pro SEO kerap luput dari perhatiannya. Seperti: luput menyematkan link, lupa mengoptimalkan gambar (lupa me-rename file gambar, mengisi alt text dengan tepat) dan lain sebagainya. Banyak fitur/tools pendukung SEO masih banyak yang belum dipahami. 

Sering kali terlewat diterapkan di artikel blog. Sangat penting eksplorasi dashboard, agar bisa mengoptimalkan konten dan blog itu sendiri, disadari oleh Fanny. Perlu kiranya membuat checklist SEO secara mandiri, untuk menghindari luputnya poin-poin penting dalam artikel. Begitu saranku Fanny:)

Nikmati perjalananmu nge-blogging, agar lebih semangat mengeksplorasi blog. Jangan lupa tangkap banyak gagasan saat jalan-jalan dan menikmati jajanan ya!:) Spirit Fanny ngeblogging kudu terus ditingkatkan hingga blognya makin advanced!






Komentar

  1. Terharuuuu huhuuuu
    Dikasih semangat buat ngeblog
    Makasiii mba hestiiiii, tulisan ini kan ku kenang slaluuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhuy...jalanmu lebih panjang, maka buatlah langkah yang lebarrr:)

      Hapus
  2. Seperti kebaikan yang menular, spirit blogging pun menular ya. Semoga semangatnya menular ke pembacanya juga

    BalasHapus
  3. Wah semoga spirit nya menular ke saya juga...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer