Langsung ke konten utama

New Post

Sop Buntut Gelora Pancasila

Dear reader , Menu sop menjadi favorit Sop merupakan menu masakan yang sangat familiar dikenal dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Gimana dengan sop buntut? Reader tentu juga familiar mendengar sop buntut, kan?! atau jangan-jangan penikmat sop buntut kek eike neh, hehe...Sop buntut di Surabaya yang terkenal hanya bisa dihitung dengan jari, salah satunya favorit aku nih, Udah mulai penasaran, kan? Beragam macam olahan sop, namanya mengikuti bahan baku protein yang menjadi dasar masakannya. Seperti: . Sering yang kita jumpai adalah sop daging dan sop ayam, ya?! Kalau ditanya menu apa yang tetap menjadi favorit sepanjang masa? Ya, sayur sop! Sop menjadi favorit sejak lama, segala usia dan beragam kalangan. Penduduk kota atau desa, kalangan orang berada maupun orang biasa, dari anak kecil hingga orang tua semua pasti kenal dan pernah makan sop. Reader juga kan? Entah itu sop ayam, sop daging. sop ceker, sop sayur, sop ikan dan macam sop lainnya. Sop buntut bisa dikatakan so

Terbukti! 5 Cara agar Berat Badan Ideal Plus Awet Muda di Usia 40an

cara jitu menjaga berat badan ideal dan awet muda


Dear reader,

Kalau ditanya: mau badan ideal plus awet muda, sepertinya semua orang pada mau ya?! Apalagi untuk orang dewasa usia 40 tahun keatas. Issue body menjadi salah satu aspek yang kerap diperjuangkan. Kerap kita dengar keluhan semacam ini: Aku tuh makannya sedikit tapi kenapa berat badan masih bertambah, dulu pas remaja makannya banyak tapi tetap aja kurus. Pernah dengar kan reader?

Keluhan serupa sepertinya pernah menghinggapi ku, mungkin juga kamu ya reader? Kini aku udah lebih mengerti dan punya tips maintenance body agar tetap ideal, bonusnya awet muda, lho! Kamu juga pasti kepo banget kan reader

Terbukti berhasil!

Terbukti! 5 cara berikut ini agar berat badan ideal plus awet muda di usia 40an. Terbukti pada siapa? Padaku dong! dan sangat bisa untukmu juga reader! Sampai usia lebih dari 40 ini berat badanku tak pernah lebih dari 56 kg! 

Sekilas aku seperti mahmudah (mamah muda atau mamah mudah hamil, hahaha) yang masih berkepala dua, tepatnya ‘dua puluh empat’. Pun, begitu kata banyak mama mama dan mbak mbak kenalan/teman baru. Entah itu di dunia maya juga pada interaksi langsung keseharian. Pada sangsi bila ku mengaku bila sudah ‘kepala empat’! Inginnya tetep 24, apa daya tahun di KTP menunjukkan usia kebalikannya. Lah, anak sulungnya udah masuk SMA. Yang penting awet muda, kan ya?! Banyak yang memvalidasi kok, bukan semata afirmasi diri:) Setelah liat foto profil aku setuju nggak, kalau aku klaim awet muda?:)


Berat badan bertambah walau makan sedikit

Bertambahnya usia wajar pula bertambah berat badan dan keluhan sejenisnya. Kerap teman-teman mengeluhkan kenapa berat badan bertambah walau makan porsi sedikit. Terutama untuk golongan orang dengan usia 40 tahun keatas sepertiku:)

Keluhan berat badan bertambah di usia 40 tahun keatas lebih banyak dikarenakan beberapa faktor ini:

1. Pola makan

Jika porsi makanmu sedikit, namun berat badanmu tetap saja bertambah, mungkin makanan yang kau asup lebih banyak mengandung kalori, gula dan lemak. Coba deh perhatikan isi piringmu reader!

2. Proses metabolisme

Semakin bertambahnya usia, metabolisme tubuh tentu akan melambat. Hal ini yang akan mempengaruhi kesehatan seseorang dan juga berat badannya. 

3. Aktivitas fisik

Kesibukan aktivitas orang dewasa yang banyak dihabiskan untuk bekerja, lebih banyak duduk di kursi kerja, kurang olah raga juga menyebabkan berat badan bertambah.


5 Cara agar Berat Badan Ideal Plus Awet Muda di Usia 40an

Nah, bila kita sudah memahami faktor-faktor peyebab berat badan bertambah. Kita bisa upayakan pencegahannya. Tentu dengan cara yang reader suka dan mudah penerapannya. Aku punya cara nih, mudah dan do-able. Jadi, bisa dibangun menjadi kebiasaan! 

Menurut James Clear, penulis buku 'Atomic Habit' untuk memulai kebiasaan baik, mulailah dari yang mudah dan menyenangkan! Semoga reader juga merasa mudah menerapkan cara-caraku ya!

cara menjaga berat badan ideal dan awet muda


Berikut 5 Cara agar Berat Badan Ideal Plus Awet Muda di Usia 40an:

1. Awali hari dengan asupan air putih lebih banyak

Ahli nutrisi menyatakan bahwa pagi hari adalah saat metabolisme tubuh mengerjakan 'pembersihan'. Maka asupan yang tepat adalah air putih dan makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah dan sayur, bisa juga oat. 

Reader perlu menyiapkan tumbler berisi air putih dekat tempat tidur. Minumlah air putih tersebut sebelum beranjak dari tempat tidur. Tambah asupan segelas air putih selepas membersihkan diri setelah bangun tidur. Sebelum makan juga minum segelas lagi. Total sudah 3 gelas air putih ya yang masuk di awal hari. 

Air putih juga menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, jadinya badan kita selalu segar dan awet muda, kan!

2. Sarapan serat

Mungkin budaya sarapan serat bagi orang Indonesia masih terasa aneh. Awalnya akupun merasa demikian. Namun, semenjak paham akan ilmunya aku pun mulai pembiasaan sarapan serat. Sarapan dengan buah dan sayur, kadang dipotong saja, terkadang diolah menjadi jus, salad atau smoothies. 

'Apa iya bisa kenyang?' pertanyaan serupa sering terdengar ya reader? Justru, serat tersebut yang membuat perut kita kenyang lebih lama. Serat larut akan menyerap air dan membentuk semacam gel dalam usus. Gel inilah yang kemudian memperlambat pengosongan lambung, sehingga kamu kenyang lebih lama dan nafsu makan berkurang. Gel ini juga yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Serat banyak manfaat kan reader? Disamping mampu mengurangi nafsu makan karena membuat kenyang lebih lama. Serat juga bisa mengurangi penyerapan gula dalam aliran darah. 

Buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin, mineral dan zat antioksidan yang terbukti efektif meremajakan sel-sel tubuh, itu sebabnya kamu bisa terlihat sehat, segar dan awet muda reader!

3. Atur pola makan

Makan siang adalah kebahagiaan (bagi aku). Karena di tengah hari ini kita boleh makan apa saja dengan porsi yang kita mau. Tengah hari ini masih banyak aktivitas yang bisa kita kerjakan, asupan energi banyak diperlukan. Tak masalah makan banyak dan beragam. I called it, cheating session:)

Makan malam juga sesi makan yang krusial untuk menjaga badan ideal. Usahakan makan malam tidak lebih dari jam 7 malam. Semakin jauh jarak makan malam dengan waktu tidur, semakin baik juga. Tidak disarankan makan malam mendekati jam tidur. Karena waktu tidur, organ-organ tubuh juga sebaiknya juga dalam fase istirahat, bukan 'dibuat' bekerja mencerna makanan yang baru diasup. Hal ini yang menyebabkan kenaikan berat badan menjadi signifikan. Karena energi hasil pencernaan makanan di malam hari tidak dipakai untuk beraktivitas, dan akhirnya ditumpuk menjadi lemak. Bahaya! 

4. Olah raga teratur

I think all people knows, kalau olah raga itu penting dan baik untuk kesehatan. Tapi, tidak banyak orang yang mengalokasikan waktunya khusus berolah raga. Alasan kesibukan yang paling banyak menjadi faktor penyebabnya. 

Reader bisa menjadwalkan akhir pekan untuk olah raga. Cukup satu jam, manfaat yang didapat sangat besar. Ibarat investasi, benefit yang didapat hingga tua nanti. Masih mikir-mikir mau olah raga? Coba set 1 jam di awal harimu di 2 hari akhir pekan. Kalau bisa tambah 1 hari di tengah pekan, misalnya di hari Kamis atau Jumat sore.

Dalam beraktivitas sehari-hari kamu juga bisa 'nyambi' olah raga, lho. Seperti: memilih naik tangga manual daripada lift, berjalan kaki ke halte bus, membaca task/instruksi di kantor sembari berdiri/mengurangi posisi duduk di kursi kerja. Banyak juga kan aktivitas lain yang lebih sehat yang bisa reader pilih? coba sebutkan di kolom komentar ya!

Karena aku suka olah raga yang rancak beriringi musik, maka aku prefer aerobik, zumba dan sekarang juga demen poundfit. Tidak hanya badan jadi segar, tapi jug bikin rilek. Hati riang gembira! Hati yang bahagia membuat awet muda.

5. Mengurangi asupan tak sehat

Poin ini masih menjadi perjuangan ku dan mungkin kamu juga ya, reader? Tak bisa dipungkiri, di sekitar kita tersedia banyak makanan yang sejatinya itu kurang sehat. Karena mengandung banyak gula, lemak atau zak aditif sintetik. Kita tahu bahwa gorengan, minuman manis, snack gurih itu kurang baik bagi kesehatan, namun kita terus tergoda untuk mengkonsumsinya karena rasanya enak atau terbiasa saja.

Kuncinya adalah pada kesadaran dan kontrol diri. Aku mulai beralih habit sejak paham akan bahaya yang tersembunyi. Sadar bahwa dampak buruk akan terasa saat sudah lanjut usia, walau sekarang tidak terasa apa-apa. Aku mulai diversifikasi pangan, makan yang anti mainstream dan tidak membenarkan kebiasaan lama. 

Contohnya: menyatakan diri bahwa aku sudah makan dan kenyang, walau hanya makan buah2an di pagi hari. Minum air putih lebih sehat, maka bawa tumbler kemana-mana agar tidak jajan minuman manis. Lebih memilih kudapan buah daripada gorengan. Banyak makan masakan sayuran, mengurangi porsi nasi putihnya. Dan banyak alternatif lain yang bisa reader ganti menjadi asupan yang lebih sehat. Dampaknya berat badan ideal bonusnya awet muda juga kan. 

Komitmen

Tetapkan goal yang ingin reader capai terkait kesehatan dan kebugaran. Adanya goal mendorong kita untuk menentukan strategi yang terbaik yang bisa kita capai. Dan berkomitmenlah dengan usaha itu. Terbukti! Kamu bisa punya berat badan ideal plus awet muda di usia 40an dengan 5 cara diatas! 

komitmen sehat dan bugar





Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer