Langsung ke konten utama

New Post

Sop Buntut Gelora Pancasila

Dear reader , Menu sop menjadi favorit Sop merupakan menu masakan yang sangat familiar dikenal dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Gimana dengan sop buntut? Reader tentu juga familiar mendengar sop buntut, kan?! atau jangan-jangan penikmat sop buntut kek eike neh, hehe...Sop buntut di Surabaya yang terkenal hanya bisa dihitung dengan jari, salah satunya favorit aku nih, Udah mulai penasaran, kan? Beragam macam olahan sop, namanya mengikuti bahan baku protein yang menjadi dasar masakannya. Seperti: . Sering yang kita jumpai adalah sop daging dan sop ayam, ya?! Kalau ditanya menu apa yang tetap menjadi favorit sepanjang masa? Ya, sayur sop! Sop menjadi favorit sejak lama, segala usia dan beragam kalangan. Penduduk kota atau desa, kalangan orang berada maupun orang biasa, dari anak kecil hingga orang tua semua pasti kenal dan pernah makan sop. Reader juga kan? Entah itu sop ayam, sop daging. sop ceker, sop sayur, sop ikan dan macam sop lainnya. Sop buntut bisa dikatakan so

10 Pesan Dasa Dharma Pramuka

10 Pesan Dasa Dharma Pramuka


Dear reader,

Masih ingat kah, Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib saat Sekolah Dasar dulu?! Reader aktif sampai pramuka penggalang atau penegak? Mengetahui begitu banyak faedah dengan menjadi pramuka, aku menyesal, dulu kala kurang aktif. Penggalang yang nanggung. Sebatas hanya karena kewajiban program sekolah. Kurang memaknai, juga kurang menikmati. Kurang memori apalagi prestasi.

Hari Pramuka 

Walau begitu, aku masih selalu ingat tanggal 14 Agustus! Ayo reader ingat tidak itu hari apa? Ya, hari Pramuka! Indonesia memperingati hari Pramuka setiap 14 Agustus. Negara paham benar Pramuka sangat  berguna bagi integritas bangsa Indonesia, karena itu diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Terbukti, nilai-nilai dan kegiatan Pramuka sangat luhur dan penuh faedah bagi generasi muda, generasi penerus bangsa. 

Buku Saku Pramuka

Yuk, ingat-ingat kembali tentang elemen Pramuka yang begitu bernilai dan berharga! Masih ingat juga dong ya dengan seragamnya yang khas. Atasan coklat muda, dan bawahan rok/celana coklat juga dengan warna yang lebih tua. Dilengkapi dengan atribut seperti hasduk, sabuk, topi dan badge, disempurnakan juga degan tali dan tongkat pramuka. Tak ketinggalan juga buku saku Pramuka. Buku yang kecil tapi banyak isi.

Isi buku saku Pramuka tidak tebal, tapi padat isi. Penuh arti dan benefit. Isinya nilai-nilai luhur yang wajib diinternalisasi oleh anggota Pramuka. Tak perlu bingung mencari dimana letak buku saku Pramuka disimpan. Aku akan memberikan apa isinya ya reader:)

Buku saku Pramuka berisi Dwi Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Kesempatan ini kita mengingat kembali yang Dasa Dharma Pramuka ya! 

Buku saku pramuka segala jenjang



Dasa Dharma Pramuka

Dasa Dharma Pramuka adalah pedoman untuk anggota Pramuka dalam berkehidupan. Dua kata indah tersebut berasal dari bahasa Sansekerta, Dasa artinya sepuluh, sedangkan Dharma berarti pengabdian, perjuangan atau pengorbanan. Berikut 10 butir Dasa Dharma Pramuka:


1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

3. Patriot yang Sopan dan Kesatria

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

5. Rela Menolong dan Tabah

6. Rajin, Terampil dan Gembira

7. Hemat, Cermat dan Bersahaja

8. Disiplin, Berani dan Setia

9. Bertanggung jawab dan Dapat Dipercaya

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan

10 Pesan Dasa Dharma Pramuka

Dasa Dharma Pramuka mengandung 10 nilai luhur pengabdian dan perjuangan seorang Pramuka dalam menjalani perannya dalam kehidupan. Sepuluh nilai luhur berikut ini sarat makna dan pesan, yakni:

1. Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Nilai dharma pertama dan utama. Setiap anggota Pramuka adalah manusia yang beriman pada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa serta bertakwa kepadaNya. Nilai-nilai agama yang suci dan luhur wajib dilaksanakan dan menjauhi larangan-larangan Nya. Diantaranya: taat beribadah,  toleransi terhadap teman/penganut agama/keyakinan lain, menjaga kerukunan umat beragama.

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Setiap anggota Pramuka saling menghargai, menghormati dan menyayangi sesama manusia. Saling membantu manusia lain yang kekurangan atau yang membutuhkan bantuan. Selain itu anggota Pramuka juga mencintai alam. Ikut menjaga kelestarian alam, misal ikut gerakan menanam pohon Menerapkan sikap hidup yang mendukung gerakan sustainable living, seperti memilah sampah, mengolah sampah, reuse dan recycle sampah. 

3. Patriot yang Sopan dan Kesatria

Setiap anggota Pramuka wajib menjaga tata krama, sopan dan santun dalam hidup bermasyarakat. Serta memiliki karakter Kesatria yang berani, bertanggung jawab, membela kebenaran, bangsa dan negara. Demikian, setiap anggota Pramuka berdharma ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Dharma keempat bermakna setiap anggota Pramuka hendaknya mematuhi peraturan yang berlaku dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Dalam praktek hidup berdemokrasi setiap anggota Pramuka, mengutamakan musyawarah mufakat dalam mekanisme pengambilan keputusan. Selaras dengan sila keempat Pancasila. 

5. Rela Menolong dan Tabah

Anggota Pramuka adalah bagian masyarakat negara dan dunia. Setiap anggota Pramuka adalah makhluk sosial, seyogyanya rela menolong sesama manusia yang sedang membutuhkan, tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan. 

Setiap anggota Pramuka juga harus memahami bahwa tantangan dan hambatan akan selalu ada dan menjumpainya dalam setiap masa hidupnya. Maka, setiap anggota Pramuka harus siap secara mental dan tabah menjalani hidup. 

6. Rajin, Terampil dan Gembira

Dharma keenam ini mendorong setiap anggota Pramuka untuk memiliki karakter rajin dan terampil. Pro aktif dalam setiap kegiatan dan kehidupan agar berdaya dan menciptakan banyak karya. Walau begitu  tetap gembira menjalani semua tugas dan kegiatannya. 

7. Hemat, Cermat dan Bersahaja

Setiap anggota Pramuka dibentuk kebiasan baik untuk hidup hemat, tidak berlebihan, sederhana dan bersahaja. Cermat mengamati setiap aspek kebutuhan di kehidupannya. Paham benar hal mana yang menjadi kebutuhan atau sekedar keinginan.

8. Disiplin, Berani dan Setia

Dharma kedelapan memiliki makna bahwa setiap anggota Pramuka harus memiliki karakter disiplin, tepat waktu. Berani menghadapi tantangan dan berani mengambil tanggung jawab. Setia kawan serta menjunjung tinggi kesetiaan terhadap gerakan Pramuka dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

9. Bertanggung jawab dan Dapat Dipercaya

Setiap anggota Pramuka wajib bertanggung jawab atas segala perkataan dan perbuatannya. Sudi menanggung resikonya. Selain itu pantang berkhianat atas kepercayaan yang telah diberikan atasnya.

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan

Dharma yang terakhir menekankan bahwa setiap anggota Pramuka harus memiliki pemikiran yang bersih dan suci. Demikian, akan tercermin dari perkataan dan perbuatannya yang baik dan luhur. Memberi dampak baik bagi diri dan lingkungannya.

10 butir dasa dharma pramuka


Reader tentu setuju kan bila Dasa Dharma Pramuka mengandung nilai-nilai hidup yang mulia. Patut kiranya diinternalisasi oleh semua anggota Pramuka dan kita semua. Demikian, akan tercipta kehidupan berbangsa dan bernegara yang beradab, tertib, aman dan sentosa. 


Komentar

  1. Apalah daya ku, dasa dharma pramuka sudah terlupakan, huhu. Musti dipelajari lagi nih biar ingat lagi T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa poin masih ingat aku, selebihnya inget-inget dikiiiit

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer