Langsung ke konten utama

New Post

Sop Buntut Gelora Pancasila

Dear reader , Menu sop menjadi favorit Sop merupakan menu masakan yang sangat familiar dikenal dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Gimana dengan sop buntut? Reader tentu juga familiar mendengar sop buntut, kan?! atau jangan-jangan penikmat sop buntut kek eike neh, hehe...Sop buntut di Surabaya yang terkenal hanya bisa dihitung dengan jari, salah satunya favorit aku nih, Udah mulai penasaran, kan? Beragam macam olahan sop, namanya mengikuti bahan baku protein yang menjadi dasar masakannya. Seperti: . Sering yang kita jumpai adalah sop daging dan sop ayam, ya?! Kalau ditanya menu apa yang tetap menjadi favorit sepanjang masa? Ya, sayur sop! Sop menjadi favorit sejak lama, segala usia dan beragam kalangan. Penduduk kota atau desa, kalangan orang berada maupun orang biasa, dari anak kecil hingga orang tua semua pasti kenal dan pernah makan sop. Reader juga kan? Entah itu sop ayam, sop daging. sop ceker, sop sayur, sop ikan dan macam sop lainnya. Sop buntut bisa dikatakan so

Asah Skill Perempuan: 5 Cara Mendapatkan Feeling Menyetir Mobil

asah skill menyetir perempuan


Dear reader,

Skill menyetir kudu dipunyai juga oleh perempuan, setuju gak? Perempuan jaman now, memang bukan wonder woman. Tapi dituntut punya banyak skill, wajib mandiri! Salah satunya adalah skill menyetir,  Untuk mobilitas diri sendiri, mengantar anak dan atau orang tua kesana kesini. Dan bahkan berguna juga untuk mendulang pendapatan, misal menjadi taksi online. Menyetir motor pastilah mudah. Tapi menyetir mobil, tak banyak perempuan bisa. 

Kesan Menyetir Bagi Perempuan

Kesannya menyetir mobil itu susah. Kenyataannya memang susah susah gampang. Begitu yang kurasakan. Gini-gini aku bisa bisa menyetir mobil, lho:) Meski udah cukup lama bisa, tapi kelasnya masih kelas sopir angkutan dalam kota. Masih jarang menyetir ke luar kota, apalagi yang harus naik ke jalan tol, hehehe. 

Ku akui menguasai skill menyetir ini lebih banyak mengasah feeling menyetir.. Kendali tidak hanya pada ketangkasan tangan, tapi juga kaki dan feeling. Lain halnya dengan motor. Body motor yang langsing dan kecil lebih mudah dikendalikan dengan ketangkasan tangan, bagi motor matic. Dan sedikit ketangkasan kaki untuk motor manual. Menyetir mobil membutuhkan koordinasi yang baik ketiga faktor tersebut. 

Faktor teknis dan feeling menyetir mobil


Safety first

Safety first! Menyetir bukan skill main-main. Hal ini berhubungan langsung dengan keselamatan dan kemanan jiwa sendiri dan pengguna jalan lain di jalan raya. Hal yang perlu diluruskan pertama adalah motif berlatih menyetir. 

Bagi perempuan, skill menyetir memang diperlukan untuk mendukung perannya sebagai individu, istri, ibu dan anak. Bukan semata untuk hidup yang bergaya. Sudah bukan rahasia lagi, banyak perempuan merasa lebih superior bila terampil menyetir dibanding yang tidak bisa menyetir.  

Perlu Jam Duduk 

Cara mendapatkan feeling menyetir mobil tentu bisa dilatih, waktu demi waktu. Cara mendapatkan feeling menyetir mobil yang paling efektif adalah dengan menambah 'jam duduk'. Frekuensi menyetir berpengaruh sangat nyata pada feeling menyetir mobil. Sering-sering menyetir maka feeling akan makin baik.

Pengalaman Menyetir

Coach menyetir akan mengajarimu teknik-teknik menyetir. Namun feeling menyetir hanya didapatkan dari experience menyetir itu sendiri. Sulit dituliskan secara teoritis. By the way ada yang punya pengalaman menarik kala belajar menyetir? Share di kolom komentar ya dear reader!

Bisik-bisik tetangga banyak yang memberi testimoni: lebih baik dilatih oleh coach khusus kursus menyetir daripada dengan suami sendiri. Kenapa? Kalau dilatih dengan suami sendiri bukannya feeling yang didapat, tapi fighting, hihihi...

Aku sendiri sejak awal belajar menyetir di tempat kursus menyetir. Selanjutnya, memahirkan menyetir dengan cara tandem sama suami. Jadi, tingkat tegangan pas tandem tidak begitu tinggi. Nyatanya memang lebih baik tandem dengan coach menyetir mobil. Reader memang kudu belajar dulu di tempat kursus menyetir. Karena bila sejak awal belajar bareng suami, bisa-bisa setiap pulang nangis, karena sering dimarahin! hihihi

Teknis dan Feeling Menyetir Mobil

Teknis menyetir tentu utama dan pertama yang harus dikuasai. Feeling menyetir mobil tetap menjadi faktor penting yang harus diasah dan digali. Teknik dan feeling menyetir menjadi satu kesatuan yang menjadikan skill menyetirmu mumpuni. 

Apakah mendapatkan feeling menyetir mobil bisa singkat? Bisa saja, bila kamu sering menyetir mobil sendiri. Entah itu menyetir untuk tujuan dekat, apalagi tujuan jauh. Pastinya butuh waktu untuk mendapatkan feeling menyetir mobil. Cepat atau lambatnya tergantung frekuensi, seberapa sering kamu menyetir mobil.

Apa benar mendapatkan feeling menyetir mobil hampir sama dengan feeling menyetir motor? Beberapa case, iya hampir sama. Seperti feeling kapan harus menyalip kendaraan di depan. Feeling kapan harus mengurangi gas saat akan berhenti. Feeling kapan harus menambah atau mengurangi gas saat melaju. Dan feeling lainnya. 

5 Cara Mendapatkan Feeling Menyetir Mobil


5 Cara Mendapatkan Feeling Menyetir Mobil

Mengontrol laju kendaraan beroda empat tentu lebih kompleks. Walau sekarang banyak jenis mobil matic, feeling menyetir mobil tetap menjadi hal penting. Terlepas kamu menyetir mobil matic ataupun manual. 

Berikut hal-hal yang termasuk feeling menyetir mobil dan cara mendapatkan feeling menyetir mobil.

1. Feeling saat menginjak gas

Cara mendapatkan feeling seberapa kuat tekanan injakan gas yang diperlukan saat melaju mobil, perlu mencoba gas dari tekanan ringan hingga berat dalam kondisi perslening N: normal. Sebelum melajukan mobil, cobalah menginjak-injak gas dan rasakan. 

Pemula disarankan untuk melepas alas kaki terlebih dulu, rasakan injakan gas dengan indera kulit kakimu. Bila sudah terasah feeling injakan gas, dan melajukan mobil. boleh dicoba menginjak gas dengan kaki beralas sandal/sepatu.

Pilih mana yang lebih nyaman saat reader menyetir, dengan atau tanpa alas kaki. Sampai saat ini, aku masih tim menyetir tanpa alas kaki:)

2. Feeling saat menginjak rem

Cara mendapatkan feeling mengerem yang smooth, yakni dengan melajukan mobil di arena/lapangan luas dan sepi. Coba rem dalam beberapa kondisi. Saat mobil melaju lambat, melaju sedang dan melaju cepat. Coba juga menginjak rem pelan, injak rem intensitas sedang dan injak rem lebih kuat dan mendadak. Feeling menginjak rem dan menyetir mobil akan terasah.

3. Feeling menyetir berbelok

Menyetir kemudi mobil saat berbelok memerlukan feeling menyetir. Beda dengan motor, saat membelokkan mobil perlu adanya haluan. Seberapa besar gambaran haluan ini memerlukan feeling menyetir. 

Sering-sering melaju kendaraan saat berbelok akan mengasah feeling menyetir. Gambaran haluan seakan otomatis termuat dalam feeling menyetir mobil. Ayo jangan enggan atau takut menambah jam duduk menyetir reader!

4. Feeling menyetir posisi parkir

Banyak perempuan yang mengeluh kesulitan saat memarkir mobil. Terutama untuk parkir dalam kondisi yang tak ideal. Misal, space sempit, ramai/crowded, kontur jalan tidak rata/menanjak. 

Kembali, perlu sekali menambah jam duduk menyetir reader! Selama masa belajar menyetir, rencanakan tujuan perjalanan yang pendek dengan tempat parkir ideal. Jangan dulu ke tempat-tempat yang berkategori terlalu crowded dan ruwet. Bisa stress kan, hahaha

Berlatih parkir maju juga parkir mundur. Lakukan di halaman lapang. Selanjutnya bisa berpindah ke carport rumah sendiri. Kuasai teknik parkir mundur, juga parkir maju. Terutama parkir mundur. Karena posisi parkir kerap mengharuskan mobil parkir dengan melaju mundur. 

5. Feeling menyalip/mendahului kendaraan di depan

Keputusan untuk menyalip kendaraan di depan mobil adalah hak mutlak si pengendara. Pastikan safety first! Saat kondisi jalan lapang dan aman, boleh saja menyalip kendaraan di depan. Keputusan menyalip membutuhkan gambaran kepastian keselamatan tatkala harus mengambil space jalan arah sebaliknya, ketepatan timing, dan feeling menyetir. Pastinya, lajukan mobilmu lebih cepat saat menyalip ya!

Finally


Menyetir mobil bukan hal yang mustahil dikuasai oleh perempuan ya! Walaupun, susah susah gampang, tetap bisa dipelajari dan dilatih. Modalnya adalah keberanian dan motivasi yang luhur. Teknis dan feeling menyetir mobil mutlak harus dikuasai, sebelum berlaga di jalan raya. Semoga 5 Cara Mendapatkan Feeling Menyetir Mobil diatas bisa membantu mu mengasah skill menyetir. Selamat berlatih reader!





Komentar

  1. Emang beda ya klu dibimbing sama suami. Seakan sedang mengikuti tes angkatan militer wkwkw....

    BalasHapus
  2. Feeling termasuk yang harus diasah dan digali. Hmmm,,,, kudu kuat ya feelingnya? perlu nyiapin mental dulu ini untuk belajar. medan disini naik turun, belok kiri dan kanan bergantian, dan bermacet-macetan. noted : teknik dan feeling penting!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tantangan luar biasa untuk pemula ya mbak, cari medan aman mungkin juauhhh yaa, ugh!

      Hapus
  3. Ya ampun jadi inget banget pertama belajar nyetir mobil, gasnya di gaspol 🤣 alhamdulillah masih bisa injek rem dan di tempat sepi, otomatis bikin yang ngajarin trauma 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting yang belajar ga trauma aja mbak, hahaha

      Hapus
  4. Enak pakai matic saja sudah, ga dapat-dapat feeling untuk kopling mah, hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilihan tepat untuk perempuan sejati, hihihi

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer