Langsung ke konten utama

New Post

Sop Buntut Gelora Pancasila

Dear reader , Menu sop menjadi favorit Sop merupakan menu masakan yang sangat familiar dikenal dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Gimana dengan sop buntut? Reader tentu juga familiar mendengar sop buntut, kan?! atau jangan-jangan penikmat sop buntut kek eike neh, hehe...Sop buntut di Surabaya yang terkenal hanya bisa dihitung dengan jari, salah satunya favorit aku nih, Udah mulai penasaran, kan? Beragam macam olahan sop, namanya mengikuti bahan baku protein yang menjadi dasar masakannya. Seperti: . Sering yang kita jumpai adalah sop daging dan sop ayam, ya?! Kalau ditanya menu apa yang tetap menjadi favorit sepanjang masa? Ya, sayur sop! Sop menjadi favorit sejak lama, segala usia dan beragam kalangan. Penduduk kota atau desa, kalangan orang berada maupun orang biasa, dari anak kecil hingga orang tua semua pasti kenal dan pernah makan sop. Reader juga kan? Entah itu sop ayam, sop daging. sop ceker, sop sayur, sop ikan dan macam sop lainnya. Sop buntut bisa dikatakan so

Manfaat SEO on Page

tentang SEO on page


About SEO

Dear reader,

Ngobrolin sesuatu yang bermanfaat, jadi bersemangat kan? Semangat membangun, semangat menebar dan semangat memperluas. Blog bisa menjadi salah satu kanal untuk menyebar manfaat, lho! Hal itu yang aku tangkap selama proses coaching by Blogspedia. 

Manfaat yang termuat dalam konten/tulisan kita di blog akan sampai dan menyebar bila dibaca oleh banyak orang. Bagaimana caranya agar bisa dibaca oleh banyak orang, kita harus belajar SEO! Bisa jadi semakin banyak manfaat yang disebarkan, semakin bertambah pula tabungan amal kita. Wah, belajar SEO berarti juga belajar  'ilmu langit' dong ya?!

So, kudu menguasai 'ilmu langit' nih ya, agar tabungan amal makin tebal, efeknya kita akan bahagia di dunia maya, nyata juga akhirat. Uwooww! 

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin telusur. Sederhananya, cara agar konten/tulisan dalam blog kita muncul dalam hasil penelusuran melalui mesin pencari, dalam hal ini adalah Google Search. 

reader tentu tahu, faktanya di dunia digital, ada beberapa mesin pencari. Bahasan SEO ini khusus untuk pengoptimalan di mesin pencari Google. 

Nah, ada 2 jenis SEO yang berbeda teknik dan manfaatnya:

  1. SEO on page : penguatan elemen-elemen yang berkaitan langsung dengan situs/blog kita
  2. SEO off page : penguatan elemen-elemen di luar situs/blog kita atau faktor pendukung

Pada bahasan ini kita akan belajar lebih lanjut tentang manfaat SEO on page, are you ready reader?

Manfaat SEO on Page

manfaat SEO on page pada konten blog


SEO on page itu ibarat bahan pondasi blog yang kita kelola. Sangat penting menerapkan elemen-elemen yang kuat dan berkualitas agar blog kuat, menjulang dan menarik pembaca. Manfaat SEO on page sangat penting bagi performance blog, diantaranya:


1. Step to page one

Cara andal agar konten/tulisan dalam blog kita muncul dalam hasil penelusuran melalui mesin pencari, adalah dengan menerapkan kaidah SEO on page pada konten blog.

Targetnya adalah mampu muncul dalam deretan konten hasil penelusuran di halaman pertama (page one). Atau setidaknya muncul di halaman-halaman awal. Oleh karena user Google cenderung akan meng-klik atau membuka artikel/blog pada halaman-halaman awal. Sangat jarang yang langsung klik blog di halaman ke-100 sekian, kan ya?!

Maka, perlombaan menuju deretan pertama/awal ini bisa diperjuangkan dengan menerapkan kaidah SEO. Tidak instan langsung bisa maju dan melesat ke barisan halaman awal. Karena ini perlombaan jamak dan jangka panjang. Terus diterapkan dan diperjuangkan, MERDEKA!

2. Bermanfaat juga butuh traffic

Dear reader tentu paham mostly motivasi aku dan atau kamu create blog adalah sebagai salah satu kanal untuk berbagi. Sharing pengetahuan, informasi, ide-ide, inspirasi, pengalaman yang berharga dan lain sebagainya. 

Hemat kata, cita-cita mulianya adalah menebar manfaat. Manfaat yang kita hadiahkan tentu ingin bisa sampai dan tersebar ke khalayak banyak, kan?! Itu artinya blog butuh traffic! 

Goalnya pengunjung dan pembaca 'datang dan stay' di blog kita bisa lebih banyak dan lebih beragam, secara organik. Tanpa ikut daftar blogwalking atau sharing-sharing di media sosial. 

Caranya? Kita harus cari tahu kebutuhan user Google dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaanya. Dengan cara apa? Tanya mbah Google dong! Riset kata kunci yang banyak dicari. Sesuaikan dengan resource yang kita punya, trus olah menjadi artikel yang andal dan mengandung jawaban atas pertanyaan user Google. 

Ada lagi? Lanjutin bacanya ya Dear reader:)

goal SEO pada blog


3. Meningkatkan nilai jual blog 

Blog yang ramai, traffic tinggi tentu dilirik banyak agency. Bisa dikatakan ini side effect dari value bermanfaat yang mampu menjangkau (reach) lebih jauh, lebih banyak. Menerapkan kaidah SEO on page dalam konten blog, sama dengan menaikkan rate card blog itu sendiri, reader!

Menerapkan kaidah SEO on page bisa dianalogikan sedang membangun pondasi bangunan blog beserta perangkatnya. Merancang dengan benar dan tepat struktur bangunan dan modelnya. Memilih bahan bangunan yang kuat. Mendesain finishing bangunan sedemikian rupa, menawan dan khas. Meyakinkan khalayak itu khas blog A bukan mirip B atau C atau blog lainnya. Pada akhirnya bangunan blog aktif dan konsisten diisi dengan konten-konten yang andal dan berfaedah.

Well reader, bila rupa bangunan blog semenawan itu, juga traffic tinggi, layak kan kita pasang harga jual tinggi?

4. Keep in Touch with Google

Google said: "Anda biasanya tidak perlu melakukan apa pun selain memublikasikan situs di web. Bahkan, sebagian besar situs yang tercantum di hasil penelusuran kami ditemukan dan ditambahkan secara otomatis saat kami meng-crawl web"

But, you know, blog/situs/konten/artikel yang masuk dalam Google penelusuran itu jutaan jumlahnya! So, pentingnya belajar SEO agar kehadiran blog kita di Google penelusuran semakin meningkat dan mendekati halaman awal. Mampu muncul di halaman-halaman awal hasil penelusuran dan menarik untuk di-klik trus dibaca oleh user Google. 

"SEO merupakan cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang, namun butuh waktu yang tidak sebentar" Ulas Coach Marita setelah belajar SEO dengan mastah mas Irwin yang ditulisnya dalam Blogspedia

Maka, perlu sabar dan usaha keras agar Google menemukan, mengenal, akrab dan sayang dengan blog kita. Hingga sudi merekomendasikan konten-konten kita di page one-nya. Kudu always keep in touch with Google. Agar manfaat SEO on page berefek pada blog kita. 

Cara agar blog keep in touch with Google:

1. Perhatikan konten

Coach Marita always reminding that content is a king! Kualitas konten itu nomor satu. Google sangat merekomendasikan konten yang berkualitas. Google akan memunculkan konten yang original, andal dan memuat jawaban/ informasi yang dibutuhkan user Google.

Sangat penting juga untuk selalu menerapkan kaidah SEO on page pada konten/artikel blog. Gambar dan atau video juga perlu ditambahkan untuk menambah kelengkapan isi konten blog.

2. Pilih judul konten/artikel yang tepat

Buat judul konten yang to the point, tidak aneh-aneh walaupun terbaca menarik. Judul yang tepat adalah yang menggambarkan isi konten/artikel. Jangan pula membuat judul click bait. 

Cara agar blog keep in touch with Google


Dear reader,

Upaya agar blog ditemukan oleh mesin pencari Google, pada awalnya kita harus mengenalkan diri pada Google. 

Selanjutnya bila sudah ditemukan dan dikenal oleh Google, tugas kita adalah mengusahakan agar konten-konten dalam blog kita aktif/produktif, bermanfaat, andal dan menjawab kebutuhan/pertanyaan para pengguna Google. 

Penting juga mengisi blog dengan konten-konten berkualitas dan mengikuti kaidah SEO. Agar lebih berpeluang muncul di hasil penelusuran Google. Manfaat-manfaat lain dari SEO on page juga akan berimbas pada performance blog yang kita kelola. 

Komentar

  1. Ingin menebar manfaat tetap butuh traffic yang baik agar bisa dapat pembaca lebih banyak

    BalasHapus
  2. Haha.. kirain perlombaan cuma acara di agustusan aja. ternyata SEO pun ya mbak? note : SEO adalah perlombaan jamak dan jangka panjang yang perlu terus diterapkan dan diperjuangkan. dan salam merdeka!

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer