Langsung ke konten utama

New Post

Sop Buntut Gelora Pancasila

Dear reader , Menu sop menjadi favorit Sop merupakan menu masakan yang sangat familiar dikenal dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Gimana dengan sop buntut? Reader tentu juga familiar mendengar sop buntut, kan?! atau jangan-jangan penikmat sop buntut kek eike neh, hehe...Sop buntut di Surabaya yang terkenal hanya bisa dihitung dengan jari, salah satunya favorit aku nih, Udah mulai penasaran, kan? Beragam macam olahan sop, namanya mengikuti bahan baku protein yang menjadi dasar masakannya. Seperti: . Sering yang kita jumpai adalah sop daging dan sop ayam, ya?! Kalau ditanya menu apa yang tetap menjadi favorit sepanjang masa? Ya, sayur sop! Sop menjadi favorit sejak lama, segala usia dan beragam kalangan. Penduduk kota atau desa, kalangan orang berada maupun orang biasa, dari anak kecil hingga orang tua semua pasti kenal dan pernah makan sop. Reader juga kan? Entah itu sop ayam, sop daging. sop ceker, sop sayur, sop ikan dan macam sop lainnya. Sop buntut bisa dikatakan so

The Beautiful of Pantai Watu Karung

The Beautiful of Pantai Watu Karung


Dear reader,

Aku yakin mostly reader pernah visit ke pulau Bali. Kalau ke kota Pacitan, sepertinya belum banyak. Gitu ya?! Padahal kota Pacitan tak kalah cantik dengan pulau dewata, lho! Kota seribu goa ini juga punya puluhan pantai indah. Salah satunya Pantai Watu Karung.

Pantai Watu Karung adalah salah satu destinasi wisata unggulan pemerintah kabupaten Pacitan. Namanya tersohor hingga ke telinga wisatawan mancanegara. lho? Ada hidden gem apa di Pantai Watu Karung? Yuk baca sampai habis reader!

Pantai Watu Karung yang Cantik

Pantai Watu Karung adalah satu dari deretan pantai-pantai cantik di pesisir selatan kota Pacitan. Di sekitarnya juga berderet pantai lain yang tak kalah indah, yakni Pantai Bercak, Pantai Kasap dan ada juga wisata Kali Cokel. So, bila reader visit ke Pacitan, jangan sampai melewatkan main ke Pantai Watu Karung, ya! Karena, pantai-pantai dan kali cantik bisa reader jelajahi, ciamik!

Pandangan pertama bertemu pantai ini, aku sungguh takjub!Trully beautiful! Dipandang dari jauh, laut di Pantai Watu Karung berwarna biru laut, bening, bersih. Nampak batu karang-karang besar nongkrong dengan begitu tepatnya, seolah disebarkan dan ditata seapik mungkin, menambah indahnya laut biru Pantai Watu Karung. 

Pantai Watu Karung Mirip Raja Ampat atau Tanah Lot?

Pantai Watu Karang disebut-sebut mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat, lho! Ini karena pantai di kelilingi batu batu karang yang besar. Kalau aku sih menganggap Pantai Watu Karang lebih mirip Tanah Lot di Bali. Terlebih bila melihat deburan ombak yang terpecah di batu karang yang besar. 

Pantai Watu Karung Punya Ombak Kelas Dunia!

Antara 2 batu karang besar disana, terdengar deburan ombak bergemuruh dan bergelombang. Ombak di Pantai Watu Karung bisa bergulung hingga 4 meter tingginya! Wow, Pantai Watu Karung memiliki ombak kelas dunia, reader! Pantas saja, saat kesana banyak wisatawan yang berjalan menuju pantai dengan membawa papan selancar. Jangan heran juga, bila banyak berjumpa dengan wisatawan mancanegara, alias om om bule surfer:) Karena Pantai Watu Karung juga surga bagi para peselancar.

Reader tentu boleh berselancar, bila sudah bisa! Tak hanya untuk wisatawan mancanegara. Semua pengunjung boleh kok berselancar. Ombaknya cukup tinggi, tapi gak terlalu jauh dari garis pantai. Peselancar yang main ombak juga terpantau tidak banyak. Dan aku pun tak melihat baywatch di sekitar pantai. Pastikan kamu sudah siap dan ahli surfing! Sebaiknya kamu bawa papan selancar sendiri, bila ingin surfing, reader

Pemandangan Pantai Watu Karung

Beruntungnya waktu aku berkunjung ke Pantai Watu Karung, Juni 2024, pengunjung tidak terlalu ramai. Garis pantai terlihat jelas dan leluasa dari ujung timur ke barat. Garis pantainya tidaklah terlalu panjang. Masih nampak jelas kedua ujungnya. Sebelah barat nampak batu karang besar tinggi yang menjorok ke laut. Terlihat semacam bangunan kecil unik bertudung kanopi payung yang anggun. Semacam tempat ibadah Pura di Bali. Jadi kembali memvalidasi: Pacitan tak kalah cantik dengan Bali, guys!

Bertemu dengan pasir pantai yang begitu bersih, putih, auto pengen buka alas kaki. Merasakan sensasi indera kulit menginjak lembut dan empuknya pasir Pantai Watu Karung sungguh menyenangkan. Feel spark joy bisa berjalan di sepanjang garis pantai dengan telanjang kaki, lalu dibasahi oleh deburan ombak yang terpecah bertemu pasir pantai dan kembali ke tengah laut. Inginnya tak bergeming dari titik ini. Mendesir rasa enjoy dari ujung telapak kaki menjalar hingga hati. It's unforgetable moment!


Lokasi Pantai Watu Karung

Gimana reader? Udah tergoda dan penasaran pengen mengunjungi si pantai cantik ini? Pantai Watu Karung lokasinya ada di Pringkulu, Ketro, Watukarung, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Cukup jauh dari pusat kota Pacitan. Oleh karena jalan menuju ke lokasi cukup sepi, waktu tempuh ke Pantai Watu Karung tidak sampai satu jam dari pusat kota Pacitan.

 

Menuju Pantai Watu Karung, jalannya cukup berliku dan menanjak ke dataran tinggi. Namun, jalannya bagus dan mulus. Hanya saja lebar jalan di beberapa titik tidak lebar. Untungnya volume kendaraan yang lewat tidak banyak, jalan kecil tidak menjadi masalah. Hanya perlu berhati-hati dan pacu kendaraan reader di kecepatan aman, tidak perlu ngebut, walau sepi. Karena jalannya melewati beberapa pedesaan, banyak warga desa lalu lalang dengan kendaraannya.


3 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Watu Karung

Selain jalan-jalan di pasir putih, di Pantai Watu Karung asyiknya ngapain dong? Selain papan selancar, disana memang tidak menyediakan persewaan perangkat bermain di pantai, seperti ATV, motorcross, perahu layar/boat, atau kano. But dont worry reader. Banyak aktivitas menarik yang bisa reader lakukan sendiri atau bersama teman/keluarga.

Berikut 4 aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung di Pantai Watu Karung:

1. Duduk santai 

Percaya deh reader, cuma duduk santai memandang indahnya laut dan Pantai Watu Karung tangki bahagiamu bakal otomatis terisi. Memandang pemandangan alam yang sangat cantik, seakan mampu mencuci mata dan menyentuh hati untuk selalu mengakui kebesaran Sang Ilahi. 

Duduk tak beralas, telanjang kaki, bermandi matahari, sangat cukup membuat sehat lahir dan batin. Tak jarang para wisatawan juga rebahan bak di kasur pasir yang empuk. Karena memang bersih dan empuk pasir pantainya!

Reader juga menggelar tikar piknik, bersantai bersama keluarga/teman sambil menikmati kudapan atau ikan bakar yang dijual di beberapa warung.

2. Bermain pasir

Bila reader membawa serta keluarga dan anak-anak ke Pantai Watu Karung, jangan lupa membawa mainan pasir, seperti bola plastik dan seperangkat sand toys. Reader and family bisa buat kreasi pasir semacam kastil pasir atau goa-goa pasir. Atau bermain sepak bola plastik atau volly pantai juga asyik. Terlebih pengunjungnya tidak terlalu ramai. Masih leluasa ruang bermainnya.

3. Bermain basah-basahan air laut

Bukan berenang ya reader! Hanya bermain air laut yang dekat garis pantai, tidak sampai jauh, apalagi ke tengah laut. Oleh karena ombak di Pantai Watu Karung cukup tinggi, maka tidak direkomendasikan untuk berenang. Berbahaya! 

Tidak ada larangan mandi di laut. Jaga diri dan keluarga reader saat bermain air laut, jangan sampai terbawa ombak ke tengah. Jaga posisi diri tetap di garis pantai, tidak jauh-jauh, ya!

Reader tentu tahu ya, air laut mengandung banyak mineral?! Seperti kalsium, kalium dan magnesium. Menurut Waterpedia air laut bisa bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya:

  1. Bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit
  2. Bisa mempercantik kulit wajah
  3. Sumber mineral penting yang dibutuhkan manusia
Seru juga kan mandi di laut, eit...pastikan reader gak lupa bawa baju ganti ya!


ombak tinggi di pantai watu karung

4 Hal Ini Perlu Diperhatikan!

Berwisata akan lebih nyaman bila kita tahu sekilas tentang tempat tujuan. Agar persiapannya matang, perangkat yang dibawa tepat dan bermanfaat, liburan juga jadi efektif dan berujung happy!

Berdasar pengalaman ku ke Pantai Watu Karung, Juni 2024 yang lalu, ada beberapa catatanku yang perlu reader perhatikan, diantaranya:

1. Tetapkan akan menginap dimana

Reader dari luar kota mungkin akan merencanakan stay di kota Pacitan lebih dari sehari. Untuk menghindari kelelahan dan bisa menikmati liburan lebih nyaman. 

Sepengetahuanku, dekat Pantai Watu Karung belum tersedia hotel yang standar dan cukup nyaman. Kebanyakan berupa, penginapan sederhana, semacam rumah warga yang dipermak jadi penginapan/motel. Nampak kurang bersih, kurang besar dan kurang nyaman. Beberapa peselancar memang lebih memilih stay dekat Pantai Watu Karung, untuk mempermudah akses mereka ke pantai.

Memang ada villa di sekitar Pantai Watu Karung, namun masih butuh naik kendaraan untuk menuju pantai. Ada juga resort yang sangat bagus, dengan harga sekian ratus USA dollar! Kalau reader mampu secara budget, Desa Limasan Resort recommended untuk staycation. 

Bila budget terbatas, saranku pilih saja hotel-hotel di tengah kota Pacitan. Beberapa hotel dan guest house di tengah kota lebih bagus dan nyaman untuk bermalam. Lokasi hotel di tengah kota juga mempermudah reader bila sampai di kota Pacitan di malam hari. Seperti yang kualami saat berkunjung di kota Pacitan. 

2. Datanglah pagi hari 

Waktu tempuh dari pusat kota Pacitan sekitar 45 menit menuju ke Pantai Watu Karung. Seperti yang kuceritakan di atas, ada beberapa pantai dan kali cantik tak jauh dari Pantai Watu Karung. Reader sebaiknya datang di pagi hari! Demikian, masih banyak waktu untuk eksplorasi ke  pantai Kasap dan atau kali Cokel yang tak kalah apik! Tambah senang kan, bila '2-3 pulau terlampaui'

3. Warung terbatas jumlah dan ragam

Tidak banyak warung yang khas tepi laut, seperti yang menjual ikan bakar dan aneka seafood lainnya. Dan itu pun terlihat sepi pembeli. Tak tercium bau ikan/ seafood bakar. Itu sebabnya aku juga enggan makan siang disana.

Kebanyakan warung Pantai Watu Karung menjual aneka makanan dan camilan cepat saji, seperti mie cup, mie instan, snack anak dan minuman dalam kemasan.

4. Tersedia fasilitas kamar mandi 

Beberapa rumah warga sekitar Pantai Watu Karung menyewakan kamar mandi untuk pengunjung dengan harga yang terjangkau. Reader tak perlu ragu bermain basah-basahan di pantai dan laut Watu Karung, banyak kamar mandi untuk membersihkan diri. Jangan lupa untuk membawa baju ganti ya!

So reader, tidaklah susah menuju surga pesisir selatan Pacitan. Hanya dengan membayar tiket 5000 saja, lelah reader saat berkendara akan sirna bertatap dengan eloknya Pantai Watu Karung. Tak perlu juga ragu, segera rencanakan perjalananmu ke kota Pacitan yang menawan untuk berlibur ke Pantai Watu Karung yang cantik dan obyek wisata lainnya yang tak kalah indah!






Komentar

  1. Pantai nya bersih banget, dengan adanya karang2, viewnya mkin cantik. Hidden gem bgd kyk na yah..

    BalasHapus
  2. Seandainya bisa berselancar, pingin banget berselancar di pantai waruu

    BalasHapus
  3. Cantik ya... Warna air nya sebiru itu

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer