Langsung ke konten utama

New Post

Yoga bersama Laskar Pencerah: Membuat Cakrawala Masa Depan Remaja Desa Tosari Lebih Cerah dan Luas

"Remaja yang sehat merupakan investasi masa depan bangsa. Generasi muda memiliki peranan penting untuk melanjutkan estafet pembangunan dan perkembangan bangsa" tutur Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin dalam puncak peringatan Hari Gizi Nasional ke-61. Alangkah mengesankan bila ada remaja yang peduli dengan kesehatan remaja lainnya. Tak semua remaja cenderung memikirkan diri sendiri saja. Tak selamanya stigma bahwa remaja itu cenderung egois dan apatis, itu realistis. Bila kita mengenal seorang remaja asli suku Tengger yang satu ini. Adalah Yoga Andhika, remaja tegap, sawo matang ini, mampu merangkul teman-teman sebaya di desanya untuk bersama mencari solusi atas permasalahan remaja di desanya. Laskar Pencerah: Pemuda Harapan Tosari Dinginnya suhu di Desa Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, tak membekukan langkah Yoga dan teman-temannya berkumpul dan berkegiatan. Bersama bergerak dan menjadi solusi atas permasalahan remaja di desanya. Harapannya cakrawala masa depan remaja des

Jelajah Cita-Cita (JCC) 2024: Mengajak Anak Berlayar ke Pulau Cita-Cita

Jelajah Cita-Cita (JCC) 2024


Dear reader,

Masih ingat apa cita-citamu? Sangat mungkin selama hidup kita punya banyak cita-cita ya:) Coba deh ingat-ingat yang terakhir! Bila sampai sekarang masih saja galau, gak tau gambaran jelas cita-citanya apa, mungkin reader perlu ikut event Jelajah Cita-Cita 2024:) 

JCC Mengenalkan Ragam Profesi secara Inklusif

Jelajah Cita-Cita (JCC) 2024 merupakan agenda dwi tahunan dari komunitas Ibu Profesional. Pada tahun ini event ini sudah digelar pada akhir Juli 2024. Aku gambarkan ya event ini supaya kamu, ananda, adik atau keponakan reader kenal dan tahu tentang Jelajah Cita-Cita 2024. Bisa jadi berminat dan perlu ikutan di tahun berikutnya. 

Event yang menarget peserta anak-anak usia 4-15 tahun ini, diselenggarakan secara Online dan Offline oleh 36 regional Ibu Profesional. Sebelumnya pada Desember 2022 lalu, Jelajah Cita-Cita, telah sukses terselenggara serentak di 32 titik.  Dua kali sudah Jelajah Cita-Cita digelar, antusias orang tua dan anak-anak terus bertambah.

Pada tahun ini, Jelajah Cita-Cita digelar untuk menyemarakkan Hari Anak Nasional, yakni pada bulan Juli 2024. Anak-anak Indonesia diajak menjelajah berbagai profesi untuk mengenali minat dan bakat. ahun kedua, Jelajah Cita-Cita juga mengusung nilai baru. Anak juga dilatih menguatkan sikap toleransi dan empati, mengasah berpikir kritis, serta diajak mengenal ragam profesi secara inklusif. Untuk mencapai tujuan tersebut, Jelajah Cita-Cita 2024 menggaungkan tagline: Wujudkan Cita untuk Semua.

Jelajah Cita-Cita (JCC) 2024

Selalu ada yang baru dari Jelajah Cita-Cita. Ragam profesi yang ditampilkan ada yang berbeda, pun nilai-nilai yang menyertai event dwi tahunan ini. Demikian, ada pandangan dan nilai yang bertambah saat anak mengikuti eventnya. Jangan ragu untuk mendaftar event Jelajah Cita-Cita selanjutnya ya reader!

JCC Online 2024

JCC Online dibuka lebih dulu, dengan rangkaian acara mulai 6 Juli hingga 9 Agustus 2024. Adanya kegiatan online bermaksud memfasilitasi tantangan jarak dan kebutuhan lain yang belum terakomodasi secara offline. Sebagai contoh di wilayah NTT, NTB, dan Papua serta daerah lain di Indonesia dan bahkan anak para diaspora. Hal ini merupakan wujud aplikasi dari nilai inklusivitas.

JCC Offline 2024 Ibu Profesional (IP) Suramadu

Jelajah Cita-Cita (JCC) 2024 merupakan event JCC perdana bagi putriku. Kami mengikuti Jelajah Cita-Cita offline yang diselenggarakan oleh Ibu Profesional (IP) Suramadu, sesuai domisili kami saat ini. Tepatnya pada Minggu, tanggal 28 Juli 2024, di Maspion Square, Surabaya. Peserta JCC 2024 bisa datang dan mengikuti event dari jam 10.00 hingga 15.00 WIB. Durasi yang panjang ini memberi kesempatan pada peserta untuk mengenal beragam profesi dengan lebih leluasa.

Bertempat di atrium lantai 2, Maspion Square Surabaya, disulap menjadi venue yang representatif untuk anak-anak menjelajah beragam profesi, beraksi di panggung dan mengikuti berbagai aktivitas seru lainnya. Seperti, mewarna, kreasi clay, menonton show talent, mengikuti talkshow dan games seru lainnya.

Peserta JCC 2024 IP Suramadu sekitar 150 anak. Berasal dari Surabaya, Madura dan sekitarnya. Sebagian besar adalah keluarga member Ibu Profesional. Non member Ibu Profesional juga ada beberapa karena event ini terbuka untuk umum. 

Jelajah Cita-Cita JCC 2024 IP Suramadu


 Tema JCC 2024 IP Suramadu

Tema Jelajah Cita-Cita (JCC) 2024 Ibu Profesional (IP) Suramadu adalah Dream Cruise. mengusung tagline: Jelajah Samudra Impian Berlabuh di Pulau Cita-Cita. Anak-anak bak mengarungi samudra impian dengan kapal pesiar harapan menuju pulau cita-cita. Sungguh keren konsep JCC IP Suramadu. 

Dekorasi venue juga apik, desain dan tata ruangnya menarik, lapang dan nyaman. Susunan acara juga dibuat seefektif mungkin, sehingga durasi event selama kurang lebih 5 jam itu terasa menyenangkan. Foto booth yang disediakan di spot dalam venue sungguh bagus. Para peserta tak melewatkan mengabadikan moment mengikuti event  JCC 2024 IP Suramadu dan membagikannya di media sosial. 

Ragam Profesi JCC 2024 IP Suramadu

Jelajah Cita-Cita 2024 (JCC) Ibu Profesional Suramadu menghadirkan 12 macam profesi dan atau talent yang akan diperkenalkan pada anak-anak. Diantaranya: 

🤖 ROBOTIC ENGINEER
👸🏻MAKE UP ARTIST
👷🏽CIVIL CONTRACTOR
🏋🏻‍♀️GYM TRAINER
👩‍🌾MODERN FARMER
👩🏻‍🍳CHEF
🎙PUBLIC SPEAKER
🔬LABORATORY ANALYST
🧶CRAFTING ENTREPRENEUR
👩🏻‍🏫PSIKOLOG
🩺DOKTER GIGI
👩🏻‍🚒PEMADAM KEBAKARAN

Seluruh peserta JCC diperbolehkan datang dan berkunjung ke booth semua profesi diatas untuk berkenalan, mengamati, bertanya, berdiskusi juga hands-on. Pengalaman hands-on ini yang paling dinanti dan diminati anak-anak peserta JCC. Anak-anak sangat senang bisa mengamati mikroba dengan mikroskop, buat cake bersama chef, naik kendaraan petugas damkar, mencoba menanam tanaman organik, mengamati cara kerja mini robot, trial dummy alat kontruksi, dipercantik oleh MUA dan aktivitas seru lainnya! 

Pelaksanaan JCC 2024 IP Suramadu


Pelaksanaan JCC 2024 IP Suramadu

Peserta JCC 2024 mulanya harus melakukan her-registrasi di meja panitia. Disana peserta mendapatkan tiket gelang, goodie bag, dan kalung peta jelajah. Nah, setiap anak/peserta yang sudah berkunjung ke pulau/booth profesi akan mendapat stiker yang bisa ditempel ke peta jelajah tersebut. Anak akan tahu pulau/booth profesi apa saja yang belum ia kunjungi. 

Tidak ada keharusan untuk mengunjungi semua booth profesi di JCC 2024 IP Suramadu. Anak boleh memilih booth profesi mana yang menarik baginya. Ada reward spesial untuk 10 ananda yang berhasil mengunjungi 6 booth profesi paling awal. Validasinya dicek dari banyaknya stiker yang ditempel di peta jelajah dan jam anak lapor pada panitia. 

Beberapa booth profesi telah menyiapkan special gift bagi pengunjungnya, seperti donat hasil cooking, tanaman yang anak tanam, gantungan kunci, kipas, kerajinan bahan kolase, dan lain-lain. Booth robotic enginering merupakan booth paling ramai dikunjungi. Terlihat pada panjang antrian. Rupanya banyak anak yang penasaran dengan mini robot yang bisa bergerak, juga penasaran ingin mencoba alat VR yang disediakan booth tersebut 

Setiap booth memberi waktu sekitar 10-15 menit bagi anak untuk berkunjung, bertanya dan hands-on. Baiknya pada event Jelajah Cita-Cita diatur jumlah anak yang masuk antrian. Demikian, durasi menunggu tidak terlalu lama, jumlah pengunjung dalam 1 booth profesi juga dibatasi 10 anak. Jadi, semua booth akan terisi dengan jumlah pengunjung yang hampir sama. Pemerataan demi kenyamanan, kira-kira begitulah tujuan pengaturan tersebut. 

Sembari menunggu, para orang tua disuguhi talkshow bertema kesehatan, khususnya tentang vaksin. Sesi diskusi dimeriahkan dengan pemberian doorprice. Senang sekali! Narasumber talkshow berasal dari salah satu sponsor yang bergerak dibidang analis medis, yakni Lab Cito. 

Overall pelaksanaan JCC 2024 IP Suramadu berjalan lancar dan menyenangkan. Anak-anak sebagai peserta utama merasa bahagia bisa mengenal beragam profesi secara langsung. Hands-on adalah salah satu yang sangat mengesankan bagi anak.

Orang tua yang mendampingi anak juga nyaman berada di area venue karena tersedia booth pendukung, seperti kuliner dan booth para sponsor. Jadi, tidak perlu pergi jauh untuk mengisi perut dan belanja:) 

Selain pengetahuan bertambah, pengalaman menyenangkan, JCC 2024 IP Suramadu juga membagikan banyak hadiah bagi pesertanya. Hadiah pemenang lomba atau pun kategori door price lainnya. Seperti: kategori 50 pendaftar pertama, peserta berkostum unik, peserta dengan stiker booth terbanyak, peserta datang paling awal dan kategori lainnya. 

Dukungan untuk JCC 2024

Jalannya event JCC 2024 IP Suramadu ini bisa berjalan sukses dan bertabur banyak hadiah karena adanya dukungan dari berbagai pihak. Pihak para talent/profesional dan para sponsor. Gimana, reader jadi tertarik ingin mengikuti event Jelajah Cita-Cita (JCC) selanjutnya? 

sponsor JCC 2024 IP Suramadu


Nilai Tambah Mengikuti JCC 2024

Pengetahuan dan pengalaman adalah dua nilai utama yang didapat peserta JCC 2024. Event  dwi tahunan dari komunitas Ibu Profesional ini telah menghadirkan banyak nilai tambah bagi anak-anak, diantaranya:
  1. Akses Informasi yang Luas tentang Berbagai Profesi
  2. Penyediaan Kegiatan Edukasi yang Interaktif dan Menarik
  3. Pengalaman Praktis dalam Eksplorasi Profesi
  4. Dukungan untuk Pengembangan Bakat dan Minat



Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer