Langsung ke konten utama

New Post

Yoga bersama Laskar Pencerah: Membuat Cakrawala Masa Depan Remaja Desa Tosari Lebih Cerah dan Luas

"Remaja yang sehat merupakan investasi masa depan bangsa. Generasi muda memiliki peranan penting untuk melanjutkan estafet pembangunan dan perkembangan bangsa" tutur Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin dalam puncak peringatan Hari Gizi Nasional ke-61. Alangkah mengesankan bila ada remaja yang peduli dengan kesehatan remaja lainnya. Tak semua remaja cenderung memikirkan diri sendiri saja. Tak selamanya stigma bahwa remaja itu cenderung egois dan apatis, itu realistis. Bila kita mengenal seorang remaja asli suku Tengger yang satu ini. Adalah Yoga Andhika, remaja tegap, sawo matang ini, mampu merangkul teman-teman sebaya di desanya untuk bersama mencari solusi atas permasalahan remaja di desanya. Laskar Pencerah: Pemuda Harapan Tosari Dinginnya suhu di Desa Tosari, Pasuruan, Jawa Timur, tak membekukan langkah Yoga dan teman-temannya berkumpul dan berkegiatan. Bersama bergerak dan menjadi solusi atas permasalahan remaja di desanya. Harapannya cakrawala masa depan remaja des

Iman Usman-Masih Belajar: Menggapai Hidup Bermakna di Usia Muda

buku Masih Belajar Iman Usman


Dear Reader,

Sederhana, sekilas. itu kesan membaca judul buku "Masih Belajar". Sub judulnya, judul kecil dibawah judul utama,  lebih menggambarkan muatan buku tersebut: Menggapai Hidup Bermakna di Usia Muda. Wah wah jadi terdengar lebih berbobot, kan ya?! 

Tentang Buku "Masih Belajar"

You know reader, aku memilih dan membeli buku "Masih Belajar" ini setelah membaca ulasannya di blog teman. Nowdays, aku juga ingin juga berbagi insight tentang buku ini, agar kamu juga tergerak untuk membacanya. Bukan meracuni, tapi memberi angin inspirasi, hihihi. 

Trully, buku ini bagus sekali! Isinya daging semua, wagyu pula reader! Bahasanya sederhana, kalimat efektif, cepat dipahami tapi ga ngebosenin, Khas anak muda, mengalir, gaul dan to the poin serta menggunakan bahasa sapaan anak gaul, seperti lu-gue. lu-gue. Pokoknya dijamin anti boring:) 

Cover buku "Masih Belajar" sederhana, dominan gambar grafis si tokoh dan judul buku diatasnya. Tidak terlalu istimewa, namun warnanya mencolok, orange stabilo. Pun, beberapa poin kutipan, infografis dalam buku "Masih Belajar" berwarna yang serupa. Lay out buku disusun begitu apik, mata jadi tidak lelah menjumpai deretan kalimat. Karena banyak diselingi infografis dan kata-kata pilihan yang menjadi quotes atau di-highlight.

Kisah Hidup Iman Usman

Mendirikan Ruangguru

Buku ini berisi kisah hidup seorang anak muda yang sangat patut diketahui. Prestasi dan pencapaiannya begitu banyak dan besar pada usia yang masih belia. Sebelum usia 30, anak muda ini sudah berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri. Serta mendirikan berbagai organisasi yang menginspirasi.

Adalah Iman Usman, di Indonesia, lebih dikenal sebagai pendiri salah satu platform pendidikan terpopuler, Ruangguru. Lebih dari itu, Iman Usman kini dikenal sebagai salah seorang tokoh muda berprestasi, pengusaha, pembicara publik, dan penggiat sosial. 

Ada dorongan kuat bagi Iman untuk mendirikan Ruangguru. Penolakan dan tantangan yang melecutnya berani membangun start up. Bersama partnernya, Iman merancang solusi bagi tantangan dunia pendidikan di Indonesia. Maka, lahirlah Ruangguru. Ketika itu Iman masih sedang menempuh pendidikan S-2 di Colombia University, USA.

Aktivis Sosial 

Pemuda kelahiran Padang ini mulai aktivitas sosialnya sejak kecil. Berangkat dari niat agar teman-teman di sekitar rumahnya rajin membaca, ia membuka perpustakaan kecil di bekas toko orang tuanya. Aktivitas sosialnya terus berkelanjutan walau kesibukannya makin bertambah. How come?! Bila ditanya pesan apa yang Iman Usman peroleh dengan aktif di berbagai aktivitas sosial. Dia menjawab berbeda-beda setiap tingkat perkembangan kedewasaannya.

nilai berbagi Iman Usman


Kiprah Iman Usman di Organisasi 

Menginjak SMA, Iman, begitu sapaannya, aktif dalam organisasi Forum Anak Daerah Sumatera Barat. Selain itu ada beberapa organisasi yang ia dirikan bersama teman-temannya, hingga ia berkuliah, antara lain:

  1. Mendirikan komunitas  Anak Kritis Indonesia. 
  2. Mendirikan Indonesian Future Leader. 
  3. Duta Muda ASEAN
  4. Penasehat Muda United Nations Population Fund Indonesia
  5. Co-Choir Global Youth Consultation on Post 2015 Development Agenda

Prestasi dan Penghargaan yang diraih Iman Usman 

Kecemerlangan Iman di sekolah dan kiprahnya aktif di berbagai organisasi kepemudaan, mengantarkan Iman meraih prestasi dan penghargaan tinggi. Berikut prestasi dan penghargaan yang berhasil diraih oleh Iman:

  1. Siswa Teladan se-Sumatera Barat dan Asia Pasific Microsoft Innovative Student
  2. Diterima Universitas Indonesia dan lulus 3,5 tahun dengan predikat cum laude, menjadi commecement speaker saat wisuda UI tahun 2013 
  3. Diterima di Colombia University, USA
  4. Asia Pacific Microsoft Innovative Student
  5. Penghargaan pemimpin muda Indonesia oleh Presiden RI dan UNICEF Indonesia
  6. Penghargaan Mondialogo Junior Ambassador dari Daimler dan UNESCO di Beijing, Cina
  7. UN Youth Achiever Recognition Award 2009
  8. British Council's Global Changemaker 2010 
  9. ASEAN Youth Award 2011 
  10. UN Youth Assembly Recognition for Youth Excellence on Humanitarian Development 2011
  11. Global Teen Leader Award 2011
  12. Ashoka Young Changemaker 2011
  13. Global Shaper of World Economic Forum 2013
  14. dan lain-lain

Strategi Belajar Iman Usman 


Berderet prestasi dan penghargaan diatas menandakan Iman adalah pemuda yang luar biasa ya?! Diantara kesibukannya berorganisasi, Iman masih mengutamakan pendidikannya, tetap berprestasi. Bagaimana cara Iman membagi konsentrasi, energi dan waktunya, perlu sekali kita contek ya reader?! Iman punya strategi jitu sehingga apa yang ia kelola pada organisasi seiring berjalan dengan perjalanan pendidikan formalnya. 

Aktivitas sekolah, organisasi dan usaha dijalani dengan excellent. Tentu kita jadi ingin tahu  bahan bakar apa dalam diri Iman yang membuatnya banyak tenaga dan gagasan dalam menjalani multi peran.  Seolah-olah tak pernah surut energi untuk berbagi dan berorganisasi. Hingga menciptakan vibes positif bagi diri dan lingkungannya. 

Nilai Hidup Iman Usman

Dalam buku "Masih Belajar", Iman bercerita, value hidup yang ia anut merupakan bahan bakar yang terus menyalakan tungku semangat Iman untuk terus belajar, berkarya dan berdampak. Growth mindset juga men-drive hidup Iman senantiasa bertumbuh, dinamis dan produktif

Tujuan Iman sebenarnya sederhana: 
"Gue ingin meninggalkan dunia yang gue tempati dengan kondisi yang lebih baik daripada ketika gue datang" 
Berangkat dari tujuan yang sederhana itu, Iman menciptakan gerakan dan terobosan yang luar biasa besar dan bermanfaat bagi banyak orang

nilai hidup Iman Usman


Kisah Hidup Iman Usman


Pastinya perjalanan Iman mencapai titik kesuksesan dibidang pendidikan, penuh liku dan tantangan. Ia pernah diabaikan, ditolak. Ada kalanya juga gagal atau bosan. Iman Usman menceritakannya dalam buku "Masih Belajar" bagaimana Iman mengelola tantangan dan kenyataan. Bermaksud berbagi kisah hidup sekaligus pelajaran yang ia dapat selama perjalanan hidupnya. Selain sebagai karya dan pengingat diri, Iman Usman berpikir perjalananannya yang tidak sempurna bisa dibagikan ceritanya. Sejatinya, hidup ini tak ada yang sempurna, bukan?

Alasan Kamu Harus Baca Buku "Masih Belajar"


Dear reader, apa yang ku rasa setelah membaca buku ini mungkin akan kau rasakan nanti. Bagaimana bisa anak muda seperti Iman memiliki nilai-nilai hidup yang begitu luhur, hingga spiritnya untuk produktif dan berbagi seolah tak kan kunjung mati. Buku ini seakan menampar diri, pada titik tersebut, masa muda kita dulu digunakan untuk apa? berkarya apa? Malu rasanya, dalam usia dewasa matang saat ini baru tumbuh nilai-nilai itu, coba dulu itu....ah, tak ada guna menyesal, ya? Tak apa bila kita turut menumbuhkan nilai-nilai luhur seperti yang Iman yakini. Setidaknya, agar kedepannya kita bisa menjadi manusia dewasa yang lebih baik dan produktif. 

Sebagai individu dan saat ini juga berperan sebagai orang tua perlu sekali membaca buku Masih Belajar. Agar tau dan paham, nilai-nilai apa yang harus ditanam pada anak-anak. Kebiasaan dan karakter unggul apa yang harus dibangun dalam jiwa anak-anak. So, parents, jadikan buku ini sebagai hadiah terbaik untuk sang buah hati!

Tentunya, buku ini wajib dibaca oleh anak-anak muda Indonesia, kalian yang masih remaja, dewasa muda! Iman adalah contoh real anak muda yang sukses, berakhlak luhur dan berjiwa mulia. Masa muda yang digunakan dengan penuh makna tanpa menghilangkan keseruan masa muda. Kalian akan menemukan esensi hidup bermakna pada usia muda. Bahwa berkarya itu keren! Berproduktif itu asyik dan bermanfaat itu sehat! 
pendidikan buat bangsa maju



Deskripsi Buku

Deskripsi buku yang kami ulas diatas adalah:

Judul : Masih Belajar

Penulis: Iman Usman

Penerbit. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Tahun : 2019

Tebal: 224 halaman






Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer