New Post

Sop Buntut Gelora Pancasila

sop buntut di surabaya yang terkenal enak


Dear reader,

Menu sop menjadi favorit

Sop merupakan menu masakan yang sangat familiar dikenal dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Gimana dengan sop buntut? Reader tentu juga familiar mendengar sop buntut, kan?! atau jangan-jangan penikmat sop buntut kek eike neh, hehe...Sop buntut di Surabaya yang terkenal hanya bisa dihitung dengan jari, salah satunya favorit aku nih, Udah mulai penasaran, kan?

Beragam macam olahan sop, namanya mengikuti bahan baku protein yang menjadi dasar masakannya. Seperti: . Sering yang kita jumpai adalah sop daging dan sop ayam, ya?!

Kalau ditanya menu apa yang tetap menjadi favorit sepanjang masa? Ya, sayur sop! Sop menjadi favorit sejak lama, segala usia dan beragam kalangan. Penduduk kota atau desa, kalangan orang berada maupun orang biasa, dari anak kecil hingga orang tua semua pasti kenal dan pernah makan sop. Reader juga kan? Entah itu sop ayam, sop daging. sop ceker, sop sayur, sop ikan dan macam sop lainnya.

Sop buntut bisa dikatakan sop level premium, karena bahan bakunya tidak banyak dan tidak murah, lho! Kenapa gitu? You know, sapi yang besar badannya, bagian buntut satu ekor sapi ya cuma ada satu, sebagian besar terdiri dari daging dan lemaknya. So, limited ingredient! Biasanya sesuatu yang limited rasanya pun istimewa. Yes, tak terbantahkan, sop buntut sangat enak, lebih enak dari sop daging sapi. 

Sop buntut di Surabaya

Pengen tau dimana bisa makan sop buntut di Surabaya yang paling enak? Baca sampai tuntas ya!

Sop Buntut Gelora Pancasila

Sop buntut di Surabaya yang terkenal adalah Sop Buntut Gelora Pancasila. Warung ini sudah buka sejak tahun 1975. Wow lebih dari setengah abad bertahan ya? Pasti ada yang istimewa dari Sop Buntut Gelora Pancasila hingga pelanggan terus berdatangan menikmati sop buntutnya.

Aku mulai kenal dan berkunjung ke warung Sop Buntut Gelora Pancasila sejak tahun 2005. Awalnya, warung Sop Buntut Gelora Pancasila ini berkonsep kaki lima, bertenda semi permanen. Nempel di tembok stadion Gelora Pancasila, Surabaya. That's why, rumah makan ini diberi nama Sop Buntut Gelora Pancasila. 

Lokasi Sop Buntut Gelora Pancasila

Menemukan lokasi rumah makan Sop Buntut Gelora Pancasila tidaklah susah. Lokasi di pinggir jalan besar, di daerah Surabaya Barat. Tak jauh dari stadion Gelora Pancasila. Walau lokasi di pinggir jalan besar, tidak susah kok menuju kesana, daerah tersebut bukan daerah rawan macet, mudah bagi kendaraan untuk keluar masuk parkiran. 

Ceritanya, pada suatu hari dilakukan revitalisasi stadion Gelora Pancasila Surabaya, maka warung-warung di sekitarnya tergusur. Saat itulah warung Sop Buntut Gelora Pancasila berpindah lokasi. Pindahnya tidak jauh dari lokasi awal, masih dekat dengan stadion  Gelora Pancasila. Sekitar 500 meter dari lokasi awal. Tepatnya di jalan Musi no.40, kec Wonokromo, Surabaya. Buka setiap hari dari pukul 09.00-22.00 WIB. 


Dari warung menjadi rumah makan

Sejak pindah ke lokasi baru, Sop Buntut Gelora Pancasila berubah wajah. Kini bentuknya sudah tidak bisa disebut warung, berganti menjadi rumah makan. Bagunannya permanen dan bagus, cukup besar, area parkir memadai, lokasi di pinggir jalan besar.

Baru beberapa hari lalu aku kembali ke Sop Buntut Gelora Pancasila, setelah hampir 3 tahun tak berkunjung. Ambiencenya makin bagus, suasana cozy, furniture antik, perlatan makan juga elegan. Makan sop hangat jangan kuatir kepanasan, karena rumah makan Sop Buntut Gelora Pancasila ber-AC. Tapi bisa juga kamu pilih yang outdoor area, non AC. Tersedia mushalla dan toilet yang bersih dan memadai. 

sop buntut gelora pancasila  surabaya


Nikmatnya Sop Buntut Gelora Pancasila

Overall, rumah makan Sop Buntut Gelora Pancasila bersih dan nyaman. Betah berlama-lama disana. Kebanyakan pengunjung atau pelanggannya adalah orang dewasa, rombongan atau keluarga.  Pengunjung benar-benar ingin mengisi perut kosongnya, bukan sekadar kongkow khas anak muda. 

Waitress stand by melayani pelanggan dengan cekatan dan ramah. Tak perlu menunggu lama, pesanan makanan siap disajikan oleh pelayan. Pas jam makan siang jumlah pelanggan yang berkunjung lebih ramai daripada saat jam berkunjung saat makan malam. Itu yang aku dapati dan amati saat berkunjung disana. 

Istimewanya Sop Buntut Gelora Pancasila

Sop Buntut Gelora Pancasila istimewa pada rasa dan ukurannya. Ukurannya buntutnya jumbo, plus semangkuk kuah sop buntutnya yang sedap dan gurih kaldu sapi. Satu paket Sop Buntut terdiri atas  sepiring nasi putih, kuah sop, potongan timun, dan sambal. Bila dirangking aku berani beri bintang sembilan deh! Beneran, buntutnya enak, rasanya pas, lezatnya beda dengan daging biasa, empuk, jangan khawatir pada gigimu reader, wkwkwk. Ukuran buntut memang jumbo, karena besar di tulang, tapi daging yang melekat pada tulang buntutnya masih banyak reader! Dinikmati oleh dua orang juga tak kan kekurangan, suerrrr!

Signature menu adalah Sop buntut goreng. penyajiannya tentu dipisah dengan kuah sopnya. Gurih dan renyah gitu. Itu sih menu favorit aku. Reader juga bisa memilih menu lain selain tersebut. Ada sop buntut yang original, dimana buntutnya basah di dalam kuah sop. ada juga buntut steak, sate daging. Minuman yang tersedia juga bervariasi, tersedia hangat maupun dingin, seperti minuman degan, es campur, es lilin, es krim dan lain-lain

Makanan pendamping juga ada seperti gorengan, french fries, roti bakar, dan lain-lain. Rumah makan ini cocok untuk pilihan keluarga. Menunya pasti disukai tua dan muda. Tempat cukup besar dan suasananya nyaman. Bila ingin menikmati menu istimewa ini, pastikan bawa dompet yang tebal ya! Sudah bukan rahasia umum, bila bagian buntut yang limited ini tidaklah murah! But, it worth!

Sop Buntut Gelora Pancasila pilihan tepat

Memasak sop buntut itu butuh waktu yang tidak sebentar, juga butuh treatment khusus agar buntut bisa empuk dan gurih. Apa reader siap dengan effort yang begitu besar itu? Datang ke rumah makan Sop Buntut Gelora Pancasila adalah solusi plus pilihan tepat. Highly recommended. Pengen buntut ya datang ke Sop Buntut Gelora Pancasila!



Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer