Langsung ke konten utama

New Post

Sop Buntut Gelora Pancasila

Dear reader , Menu sop menjadi favorit Sop merupakan menu masakan yang sangat familiar dikenal dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Gimana dengan sop buntut? Reader tentu juga familiar mendengar sop buntut, kan?! atau jangan-jangan penikmat sop buntut kek eike neh, hehe...Sop buntut di Surabaya yang terkenal hanya bisa dihitung dengan jari, salah satunya favorit aku nih, Udah mulai penasaran, kan? Beragam macam olahan sop, namanya mengikuti bahan baku protein yang menjadi dasar masakannya. Seperti: . Sering yang kita jumpai adalah sop daging dan sop ayam, ya?! Kalau ditanya menu apa yang tetap menjadi favorit sepanjang masa? Ya, sayur sop! Sop menjadi favorit sejak lama, segala usia dan beragam kalangan. Penduduk kota atau desa, kalangan orang berada maupun orang biasa, dari anak kecil hingga orang tua semua pasti kenal dan pernah makan sop. Reader juga kan? Entah itu sop ayam, sop daging. sop ceker, sop sayur, sop ikan dan macam sop lainnya. Sop buntut bisa dikatakan so

Utak Atik Setelan Template Blog

adjust setelan template blog fiksioner


Dear reader,

Blog not only about content, you know? Look is also important! Siapa pun bakal betah membaca dan scroll halaman suatu blog bila good looking, rapi, ramah dimata, readable dan fast loading. That's why, seorang bloger kudu pasang template blog yang bisa memenuhi parameter tersebut diatas. 

Kriteria Template yang Bagus dan Bermutu

Do you know reader, nowdays, so many template blog yang beredar di jagat maya. Gratisan pula! Wihhh gimana gak mupeng tuh, pengen bongkar copot template aja, wkwkw...Lantas, template yang bagaimanakah yang layak dan baik untuk dipasang di blog kita?

Template blogspot sebenarnya sudah banyak tersedia pada bawaan blogspot. Gak kalah bagus juga kok. Tapi template diluar sana banyak yang lebih menarik dan bisa diutak-atik menjadi template custom ala kita-kita, wah wah wah:)

So reader, disarankan untuk intip-intip dan utak atik template lain diluar blogspot. Kamu bisa menemukan yang cocok dan lebih oke, lho, Jangan ragu mencoba hal baru:) Kembali ke selera dan pertimbangan pribadi sih, lebih nyaman dan pas pasang template bawaan blogspot atau mau pake dari pihak luar. Atau masih bingung juga, gimana sih cara pilih template blog yang oke? Uraian di bawah ini bisa membantumu reader:)

Berikut kriteria template yang bagus dan bermutu:

1. Tampilan sederhana

Pilih layout yang sebelah kiri untuk konten, sebelah kanan adalah sidebar

2. SEO friendly atau good responsive

Mengecek kualitas performance suatu blog, reader bisa cek di website seoptimer.com. Reader bisa mengecek versi dummy dari suatu template. Sangat bisa hasil penilaian tersebut berbeda saat sudah dipasang di blogmu. Maka, periksalah sekali lagi. SEO merupakan faktor penting penunjang performance blog, jadi paramater ini harus dipenuhi pada template blog. 

3. Setelan instalasi mudah, tidak rumit, dan pas untuk blog

Perlu juga kiranya mencari testimoni dari para user lainnya. Template blog yang menjadi favorit para user biasanya memiliki kriteria tersebut diatas.

But, kalo reader memilih setia dengan blog bawaan blogspot, its not problemo. Pastinya lebih mudah pemasangan dan setelannya, kan. Terlebih untuk bloger pemula, bisa banget tuh untuk latihan blogging. Blogspedia akan membantu reader dan atau bloger pemula untuk memilih template blog. Kuy, tinggal ikuti tutorialnya pasti jadi deh blogmu reader!

Perjalanan Blog hestithinks

Fyi, blog hestithinks ini cukup lama ku bangun. Sejak awal tahun 2021. Dalam proses pertambahan umurnya, blogku ini sudah beberapa kali berganti wajah. Awalnya menggunakan template bawaan blogspot. Pernah juga bongkar pasang template luar, berkali-kali, hihihi..Sebab euforia punya blog baru, semangat sekali tuh bongkar pasang template, utak atik setelan tema dan layout, wkwkwk....

tampilan blog template lama


Nowdays, lebih seringnya belajar meningkatkan kualitas dan kuantitas konten. Utak atik template blog udah lama tak disentuh. Juga, merasa tampilan blog saat ini udah gue banget, setelan udah diatur sedemikan rupa hingga pas untuk dihati dan dimata saya dan semoga reader juga:) 

Belajar Lagi Mengatur Setelan Template Blog

Blogspedia coaching#5 mendorongku untuk kembali utak-atik template blog. Materi 8 tentang template blog ini menekan sekaligus merefresh ingatanku saat utak atik template blog. Honestley, banyak yang terlupa, Dibantu oleh banyak tutorial tentang pemasangan template blog dari para coach and friends, kembali ku coba pasang template blog yang baru.

Bagiku blog hestithinks ini sudah cukup cantik, maka belum ingin ku permak lagi. Ku putuskan untuk membuat blog baru, sebagai dummy agar lebih berani dan leluasa mengutak-atik template blog. Seperti petuah coach Marita, kunci keberhasilan pemasaangan/ menyetel template blog adalah: BERANI, FOKUS dan SABAR. Semangatttt! Kalau reader punya blog baru langsung aja utak atik setelan template blognya, tidak perlu ragu!

Saat ini blogku memakai template bawaan blogspot, sudah dipermak sedemikian rupa. Seperti warna tema, pasang image background, setelan lanjutan juga sudah dimaksimalkan. Seperti setelan jenis dan ukuran font, warna font, link, dan header, footer. Pages sudah dibuat dan dipasang dimenu atas header. Sudah pasang widget di sidebar, seperti archive dan label. Coba bandingkan dengan tampilan template blogku saat ini. Menurut reader lebih cakep mana?

Lebih dari setahun tidak utak atik setelan template blog, jadi rada kagok dan banyak lupa saat coba mengubah setelan template blog di beberapa titik. Berbekal artikel-artikel tutorial dari para coach, aku coba lagi utak atik setelan template blog. Ku pilih template blog dari luar, yakni Fiksioner, karena beberapa teman bloger pilih itu dan sukses membuat tampilan blognya jauh lebih cakep, testimoni usernya juga bagus. performancenya prima.

Mencoba mengatur setelan template blog

As you know reader, adjust settingan template blog itu butuh waktu lama, trial and error, makanya itu butuh stok sabar. Pada pekan materi 8 ini, aku udah berhasil pasang template Fiksioner di blog dummy. Tapi belum sepenuhnya adjust setelan advance karena keterbatasan waktu dan kondisi kesehatan yang sedang kurang fit, demam batpil menyerang pertahanan tubuh :( 

Blog dummy ini kuberi tajuk HzTeeNeng. Ini blog baru yang aku banget. Tema besarnya adalah share about self care, pentingnya self love to be high value woman

Pasang template Fiksioner diblog tidaklah susah reader, dilengkapi juga dengan tutorial dan kode setelan yang lengkap untuk pemasangan dan pengaturan setelannya. Beberapa poin yang sudah aku adjust setelannya adalah:

1. Pasang banner custom

Berdasar ukuran banner yang direkomendasikan coach Marita. Aku buat banner custom di Canva dengan ukuran 1000x250 pix. Custom banner yang kubuat ni adalah kolase potret diri diberbagai tempat dan pengalaman. 

2. Tau cara ambil link gambar dari blogspot

3. Ganti profil bloger dengan profil custom

Lihat wajah blog para coach dan teman-teman yang cantik, jadi mupeng bingit, euy;) Beruntungnya coach Marita juga berbagi kode adjust profil custom ini. Aku suka sekali dengan tampilan ini. Coba cek, kamu juga sependapat kah reader?

tampilan blog HzTeeNeng


4. Setelan lanjutan untuk warna, font, ukuran dan lain-lain juga telah dilakukan. 

5. Buat page/halaman, kemudian pasang tombol menu di header

6. Mencoba menerapakan perubahan kode CSS pada setelan javascript, untuk merubah posisi judul postingan, mengubah profil custom. Trial and erorr. Beberapa kali tidak berhasil berubah, bisa karena ada kode yang tidak lengkap, tidak tepat kode yang dicopas, dan lain sebagainya.

Tampilan blog setelah adjust template fiksioner


Trial and erorr merupakan hal yang tak terhindari dalam proses menyetel template blog. It's okay, jangan takut mencoba. Sekali lagi kuncinya adalah BERANI, FOKUS dan SABAR. Butuh waktu yang tak sebentar untuk adjust template agar pas menurut kita. Bila tampilan blog rapi dan cantik, kita pun akan lebih mencintai dan merawat blog, kan?!




Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu feedbacknya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Postingan Populer